SELAMAT DATANG DIBLOG BIRAWA CLUB "WARNET. LOKET PPOB & STUDIO MUSIK"

27 September 2011

EVENT ORGANIZER (EO)


Tips Membuat Event Organizer
 
By : Birawa Club


Event Organizer kalau diterjemahkan secara bebas adalah yang mengorganisir acara, baik perorangan maupun berbentuk perusahaan.Tapi kebanyakan Event Organizer berbentuk Perusahaan, karena mengelola suatu acara tidaklah mudah, tidak mungkin dilakukan sendirian.Saat ini sudah mulai banyak orang yang membuat Event Organizer, menawarkan jasa untuk suatu kegiatan, baik olah raga, seminar, ulang tahun perusahaan, perkawinan, dan masih banyak lagi. Event Organizer adalah peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan, baik bagi pemilik Event Organizer maupun bagi pengguna jasanya.

Jika anda tertarik untuk membuat suatu Event Organiser, kiranya Tips membuat Event Organizer berikut bisa anda gunakan :
  1. Miliki spesifikasi tertentu. Jika sudah ditetapkan, pelajari seluk beluknya.
  2. Kumpulkan beberapa orang / teman untuk membuat tim khusus. Mereka inilah nantinya yang akan mengerjakan beberapa tugas dengan bagian-bagian tersendiri.
  3. Atur atau manajemeni dengan baik dan profesional.
  4. Jangan takut untuk mewujudkan ide gila yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan munculkan ide tema acara yang menarik dan berbeda.
  5. Tentukan segmen yang akan dibidik. Apakah masyarakat umum, ataukah kelas tertentu seperti kalangan menengah ke atas.
  6. Miliki jaringan relasi sponsor. Terkadang pihak pemakai jasa EO juga telah memiliki sponsor-sponsor tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan, acara bisa makin sukses dengan kehadiran sponsor tambahan. Jika ini dimiliki, akan menjadi nilai plus bagi EO itu sendiri.
  7. Harus bisa memanejemen emosi. Kerja EO apalagi jika makin dekat dengan hari H penyelenggaraan acara, biasanya amat rentan bersinggungan emosi antara personel EO itu sendiri. Cermati dan miliki kemampuan untuk memanajemen emosi di saat-saat seperti ini.
  8. Untuk mereka yang baru terjun, utamakan kualitas dan bukan profit. Jika klien sudah membuktikan kualitas dari kerja sebuah EO, maka di kesempatan lain, EO ini pun akan digunakan lagi jasanya. Selain itu, pihak lain yang telah mendengar kelebihan EO ini pun akan bisa berkemungkinan menjadi klien baru.
Dengan banyaknya para pebisnis Event Organizer, maka Perlunya Web komunitas Event Organizer sebagai sarana untuk berbagi atau berkumpul para penyedia jasa Event Organizer.

Semoga bermanfaat,
Salam,
Birawa Club